Kurikulum

SUSUNAN MATA KULIAH

Semester I
Kode Mata Kuliah SKS
TTI224 Sistem Digital

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan jenis jenis system bilangan dan dapat melakukan konversi antar sistem bilangan.
  2. Mahasiswa mampu menerangkan operasi pada bilangan biner dapat melakukan operasi pada bilangan biner.
  3. Mahasiswa mampu menerangkan gerbang gerbang logika dasar, dapat merangkai gerbang logika dasar menjadi rangkaian digital.
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan hukum pada aljabar boolean, memberikan contoh, menunjukkan dan mengkombinasikan gerbang logika.
  5. Mahasiswa mampu melakukan penyederhanaan persamaan dengan menggunakan metode SOP dan POS.
  6. Mahasiswa mampu menjelaskan rangkaian gerbang Flip Flop.
  7. Mahasiswa mampu melakukan proses Preset dan Clear pada R-S Flip-flop.
  8. Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana implementasi FF pada regsiter.
  9. Mahasiswa mampu menjelaskan operasi aritmatika dengan menggunakan HA dan FA.
  10. Mahasiswa mampu menjelaskan operasi pararel bit adder dan n-bit Carry Ripple Adder.
  11. Mahasiswa mampu menjelaskan operasi decoder dan encoder.
  12. Mahasiswa mampu menjelaskan operasi Multiplexer.
  13. Mahasiswa mampu melakukan operasi perkalian, pembagian, perbandingan dan deteksi error.
  14. Mahasiswa mampu menerangkan perangkat memori solid-state, menentukan peran input kontrol untuk perangkat memori solid-state dan konfigurasi memori dengan jumlah pin pada IC.
2
TTI131 Matematika Diskrit

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu melakukan operasi yang berhubungan dengan himpunan, fungsi, dan relasi.
  2. Mahasiswa mampu menerapkan argumen penghitungan, termasuk aturan penjumlahan dan perkalian, prinsip inklusi-eksklusi, dan progresi aritmatika/geometris.
  3. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip pigeonhole dalam konteks pembuktian formal.
  4. Mahasiswa mampu menghitung permutasi dan kombinasi dari suatu himpunan, dan menafsirkan makna dalam konteks aplikasi tertentu.
  5. Mahasiswa mampu memecahkan berbagai hubungan perulangan dasar.
  6. Mahasiswa mampu melakukan komputasi yang melibatkan aritmatika modular.
  7. Mahasiswa mampu menggambarkan dengan contoh terminologi dasar teori graf, dan beberapa sifat dan kasus khusus dari setiap jenis graf/pohon.
  8. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan metode traversal yang berbeda untuk pohon dan grafik, termasuk traversal pohon sebelum, pasca, dan berurutan.
  9. Mahasiswa mampu munjukkan bagaimana konsep dari grafik dan pohon muncul dalam struktur data, algoritma, teknik pembuktian (induksi struktural), dan penghitungan.
  10. Mahasiswa mampu menjelaskan cara membuat pohon merentang dari suatu graf.
3
TIF313 Logika Informatika

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang logika informatika dan berbagai argumen dan validitas.
  2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang logika informatika dan logika proposisional.
  3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang tabel kebenaran, implikasi dan aplikasi.
  4. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang porposisi majemuk.
  5. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang tautologi.
  6. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang ekuivalensi logis.
  7. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang validitas argumen dan penyederhanaan.
  8. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang aturan inferensi dan strategi pembalikan dan tablo semantik.
  9. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang logika predikat dan komponen-komponen sintaktik dan menjelaskan tentang kuantor-kuantor.
2
TIF314 Pemrograman Dasar

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan sebuah program sederhana yang melibatkan konstruksi pemrograman dasar: variabel, ekspresi, penugasan, I/O, konstruksi kontrol, fungsi, parameter passing, dan rekursi.
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menjelaskan, dan menulis program menggunakan tipe data primitif.
  3. Mahasiswa mampu memodifikasi dan memperluas program pendek yang menggunakan standar struktur dan fungsi kontrol kondisional dan iteratif.
  4. Mahasiswa mampu merancang, mengimplementasikan, menguji, dan men-debug program yang menggunakan konstruksi pemrograman dasar.
  5. Mahasiswa mampu memilih konstruksi kondisional dan iterasi yang sesuai untuk tugas pemrograman tertentu.
  6. Mahasiswa mampu menjelaskan, dan mengidentifikasi kasus dasar dan umum dari masalah yang didefinisikan menggunakan konsep rekursi.
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan, dan menulis program yang menggunakan struktur data berikut: tumpukan, antrean, antrean prioritas, set, dan peta.
  8. Mahasiswa mampu membandingkan implementasi alternatif dari struktur data dengan performa yang lebih baik.
  9. Mahasiswa mampu menjelaskan perbandingan biaya dan manfaat dari implementasi struktur data dinamis dan statis.
  10. Mahasiswa mampu memilih struktur data yang sesuai untuk memodelkan masalah yang diberikan.
3
MPK114 Bahasa Indonesia

    Capaian Pembelajaran:

3
TTI118 Fisika

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu memahami tentang fisika dalam kecerdasan bisnis (business intelligence).
  2. Mahasiswa mampu memahami fisika dalam fenomena fisis penerapan game visual.
  3. Mahasiswa mampu memahami tahapan nanoteknologi dalam pengembangan produk startup.
  4. Mahasiswa mampu memahami fisika dalam interfacing dalam mikrokontroler.
2
TTI117 Kalkulus

    Capaian Pembelajaran:

  1. Menyelesaikan persoalan matematis terkait topik sistem bilangan real dan pertaksamaan.
  2. Menyelesaikan persoalan matematis terkait topik fungsi.
  3. Menyelesaiakan persoalan matematis terkait topik limit dan kekontinyuan suatu fungsi.
  4. Menyelesaikan persoalan matematis terkait topik turunan serta penggunaan turunan.
  5. Menyelesaikan persoalan matematis terkait topik integral serta penggunaan integral untuk mendapatkan luas daerah dan volume benda putar.
  6. Menyelesaikan persoalan matematis terkait topik transenden.
  7. Menyelesaikan persoalan matematis terkait topik integral tak wajar.
2
MPK115 Bahasa Inggris

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu memahami, menganalisa, menggunakan, dan menerapkan kosa kata dan tata Bahasa Inggris dalam 4 keahlian berbahasa yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris dengan benar.

2
TIF317 Organisasi dan Arsitektur Komputer

    Capaian Pembelajaran:

  1. Menguasai konsep sistem komputer secara umum serta memahami sejarah perkembangan komputer.
  2. Memahami konsep Organisasi dan Arsitektur Memori.
  3. Memahami konsep teknologi penyimpanan data dan mampu menunjukkan latensi dalam proses akses data.
  4. Memahami konsep Interkoneksi dan komunikasi komponen fungsional dalam sistem komputer.
  5. Menguasai konsep representasi data dan Aritmetika komputer.
  6. Mengenal dan menguasai konsep instruksi dan set instruksi dalam sistem komputer.
  7. Mengenal konsep multiprocessing.
2
Total 20
Semester III
Kode Mata Kuliah SKS
TTI666 Pemrograman Basis Data

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mampu merancang basis data relasional secara konseptual dan membangun basis data secara fisik di server Database Management Systems.
  2. Mampu menerapkan pengelolaan objek basisdata dan manapulasi data dengan perintah SQL Data Definition Language (DDL) & Data Manipulation Language (DML).
  3. Mampu membuat prosedur tersimpan (stored procedure) dan fungsi (function) dengan kompleksitasnya seperti penggunaan variabel, parameter dan aliran kontrol, cursor dan error handling.
  4. Mampu menerapkan Triger dalam database yang dijalankan secara otomatis untuk operasi pengelolaan objek database.
  5. Mampu membuat aplikasi yang terhubung dengan basis data .
3
TTI667 Pemrograman Web Lanjut

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu melakukan operasi yang berhubungan dengan himpunan, fungsi, dan relasi.
  2. Mahasiswa mampu menerapkan argumen penghitungan, termasuk aturan penjumlahan dan perkalian, prinsip inklusi-eksklusi, dan progresi aritmatika/geometris.
  3. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip pigeonhole dalam konteks pembuktian formal.
  4. Mahasiswa mampu menghitung permutasi dan kombinasi dari suatu himpunan, dan menafsirkan makna dalam konteks aplikasi tertentu.
  5. Mahasiswa mampu memecahkan berbagai hubungan perulangan dasar.
  6. Mahasiswa mampu melakukan komputasi yang melibatkan aritmatika modular.
  7. Mahasiswa mampu menggambarkan dengan contoh terminologi dasar teori graf, dan beberapa sifat dan kasus khusus dari setiap jenis graf/pohon.
  8. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan metode traversal yang berbeda untuk pohon dan grafik, termasuk traversal pohon sebelum, pasca, dan berurutan.
  9. Mahasiswa mampu munjukkan bagaimana konsep dari grafik dan pohon muncul dalam struktur data, algoritma, teknik pembuktian (induksi struktural), dan penghitungan.
  10. Mahasiswa mampu menjelaskan cara membuat pohon merentang dari suatu graf.
3
TTI241 Manajemen Basis Data

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mampu menjelaskan tentang abstraksi data, skema, model data dan model data relasional serta penerapan pembuatan diagram skema relasi.
  2. Mampu menerapkan beberapa tipe konstrain dan integritas data pada Model Data Relasional.
  3. Mampu menerapkan teknik Entity Relationship (ER) dan Extended Entity Relationship (EER) untuk menggambarkan model data konseptual tingkat tinggi berdasarkan Entitas dan Keterhubungannya (Relationshp).
  4. Mampu menerapkan Teknik Normalisasi dalam perancangan basisdata dengan memperhatikan persoalan duplikasi dan redudansi data.
  5. Mampu menjelaskan Bahasa query relasional formal.
  6. Mampu menerapkan Bahasa query komersial Data Definitions Language, Data Manipulations Language (DML) dan Data Control Language.
  7. Mampu merancang stored procedure dengan parameter dan memiliki beberapa aliran control.
3
TTI669 Probabilitas dan Statistika

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan sebuah program sederhana yang melibatkan konstruksi pemrograman dasar: variabel, ekspresi, penugasan, I/O, konstruksi kontrol, fungsi, parameter passing, dan rekursi.
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menjelaskan, dan menulis program menggunakan tipe data primitif.
  3. Mahasiswa mampu memodifikasi dan memperluas program pendek yang menggunakan standar struktur dan fungsi kontrol kondisional dan iteratif.
  4. Mahasiswa mampu merancang, mengimplementasikan, menguji, dan men-debug program yang menggunakan konstruksi pemrograman dasar.
  5. Mahasiswa mampu memilih konstruksi kondisional dan iterasi yang sesuai untuk tugas pemrograman tertentu.
  6. Mahasiswa mampu menjelaskan, dan mengidentifikasi kasus dasar dan umum dari masalah yang didefinisikan menggunakan konsep rekursi.
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan, dan menulis program yang menggunakan struktur data berikut: tumpukan, antrean, antrean prioritas, set, dan peta.
  8. Mahasiswa mampu membandingkan implementasi alternatif dari struktur data dengan performa yang lebih baik.
  9. Mahasiswa mampu menjelaskan perbandingan biaya dan manfaat dari implementasi struktur data dinamis dan statis.
  10. Mahasiswa mampu memilih struktur data yang sesuai untuk memodelkan masalah yang diberikan.
3
TIF613 Pengantar Robotika

    Capaian Pembelajaran:

  1. Menguasai konsep dasar Organisasi dan Arsitektur Komputer dan konsep umum Sistem Operasi.
  2. Memahami konsep Proses, Thread dan bagaimana manajemen Proses dan Thread.
  3. Menguasai konsep Concurrency, dan menunjukkan beberapa permasalahan Concurrency dalam bentuk simulasi.
  4. Memahami konsep Manajemen Memori dan Memori Virtual dalam sistem operasi.
  5. Memahami konsep Scheduling dan menunjukkan proses Scheduling dalam aplikasi simulasi. Mengetahui bagaimana konsep Scheduling dalam komputasi Multi Processor.
  6. Memahami konsep proses Input/Output dan penanganan File dalam Sistem Operasi.
  7. Mengetahui bagaimana penerapan keamanan komputer dalam sebuah Sistem Operasi.
  8. Mengetahui penerapan sistem operasi dalam sistem terdistribusi.
2
TTI241 Sistem Operasi

    Capaian Pembelajaran:

  1. Menguasai konsep dasar Organisasi dan Arsitektur Komputer dan konsep umum Sistem Operasi.
  2. Memahami konsep Proses, Thread dan bagaimana manajemen Proses dan Thread.
  3. Menguasai konsep Concurrency, dan menunjukkan beberapa permasalahan Concurrency dalam bentuk simulasi.
  4. Memahami konsep Manajemen Memori dan Memori Virtual dalam sistem operasi.
  5. Memahami konsep Scheduling dan menunjukkan proses Scheduling dalam aplikasi simulasi. Mengetahui bagaimana konsep Scheduling dalam komputasi Multi Processor.
  6. Memahami konsep proses Input/Output dan penanganan File dalam Sistem Operasi.
  7. Mengetahui bagaimana penerapan keamanan komputer dalam sebuah Sistem Operasi.
  8. Mengetahui penerapan sistem operasi dalam sistem terdistribusi.
3
TTI235 Animasi 3D

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mengidentifikasi bentuk 3D yang sesuai dengan konsep dan prinsip grafika komputer.
  2. Memahami dan menjelaskan tentang texturing 3D object yang sesuai dengan konsep dan prinsip grafika komputer.
  3. Memahami dan menjelaskan tentang 3D transformation yang sesuai dengan konsep dan prinsip grafika komputer.
  4. Memahami dan menjelaskan tentang 3D object rotation yang sesuai dengan konsep dan prinsip grafika komputer.
  5. Memahami dan menjelaskan tentang scalling and resizing of 3D object yang sesuai dengan konsep dan prinsip grafika komputer.
  6. Mendiskusikan, memahami dan menjelaskan tentang multi object transformation of 3D object yang sesuai dengan konsep dan prinsip grafika komputer.
  7. Menerapkan simple 3D animation yang sesuai dengan konsep dan prinsip grafika komputer.
  8. Mengkonsepkan 3D production pipeline yang sesuai dengan konsep dan prinsip grafika komputer.
  9. Mengkonsepkan Animation, Story, and Pre-visualization yang sesuai dengan konsep dan prinsip grafika komputer.
  10. Mengkonsepkan rigging animation yang sesuai dengan konsep dan prinsip grafika komputer.
  11. Mengkonsepkan Visual Effects, Lighting yang sesuai dengan konsep dan prinsip grafika komputer.
  12. Menguji Rendering yang sesuai dengan konsep dan prinsip grafika komputer.
  13. Menganalisis, mengevaluasi hasil dari animation production secara menyeluruh yang sesuai dengan konsep dan prinsip grafika komputer.
3
TIF341 Grafika Komputer

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan jenis jenis system bilangan dan dapat melakukan konversi antar sistem bilangan.
  2. Mahasiswa mampu menerangkan operasi pada bilangan biner dapat melakukan operasi pada bilangan biner.
  3. Mahasiswa mampu menerangkan gerbang gerbang logika dasar, dapat merangkai gerbang logika dasar menjadi rangkaian digital.
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan hukum pada aljabar boolean, memberikan contoh, menunjukkan dan mengkombinasikan gerbang logika.
  5. Mahasiswa mampu melakukan penyederhanaan persamaan dengan menggunakan metode SOP dan POS.
  6. Mahasiswa mampu menjelaskan rangkaian gerbang Flip Flop.
  7. Mahasiswa mampu melakukan proses Preset dan Clear pada R-S Flip-flop.
  8. Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana implementasi FF pada regsiter.
  9. Mahasiswa mampu menjelaskan operasi aritmatika dengan menggunakan HA dan FA.
  10. Mahasiswa mampu menjelaskan operasi pararel bit adder dan n-bit Carry Ripple Adder.
  11. Mahasiswa mampu menjelaskan operasi decoder dan encoder.
  12. Mahasiswa mampu menjelaskan operasi Multiplexer.
  13. Mahasiswa mampu melakukan operasi perkalian, pembagian, perbandingan dan deteksi error.
  14. Mahasiswa mampu menerangkan perangkat memori solid-state, menentukan peran input kontrol untuk perangkat memori solid-state dan konfigurasi memori dengan jumlah pin pada IC.
3
Total 23
Semester V
Kode Mata Kuliah SKS
MPK107 Pendidikan Kewarganegaraan

    Capaian Pembelajaran:

    Mahasiswa mampu memahami dan menjalankan ajaran agamanya secara benar sesuai tuntunan agama sehingga menjadi manusia yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kehidupan

2
TIF586 Manajemen Proyek Perangkat Lunak

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu melakukan operasi yang berhubungan dengan himpunan, fungsi, dan relasi.
  2. Mahasiswa mampu menerapkan argumen penghitungan, termasuk aturan penjumlahan dan perkalian, prinsip inklusi-eksklusi, dan progresi aritmatika/geometris.
  3. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip pigeonhole dalam konteks pembuktian formal.
  4. Mahasiswa mampu menghitung permutasi dan kombinasi dari suatu himpunan, dan menafsirkan makna dalam konteks aplikasi tertentu.
  5. Mahasiswa mampu memecahkan berbagai hubungan perulangan dasar.
  6. Mahasiswa mampu melakukan komputasi yang melibatkan aritmatika modular.
  7. Mahasiswa mampu menggambarkan dengan contoh terminologi dasar teori graf, dan beberapa sifat dan kasus khusus dari setiap jenis graf/pohon.
  8. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan metode traversal yang berbeda untuk pohon dan grafik, termasuk traversal pohon sebelum, pasca, dan berurutan.
  9. Mahasiswa mampu munjukkan bagaimana konsep dari grafik dan pohon muncul dalam struktur data, algoritma, teknik pembuktian (induksi struktural), dan penghitungan.
  10. Mahasiswa mampu menjelaskan cara membuat pohon merentang dari suatu graf.
3
TIF604 Sistem Paralel dan Terdistribusi

    Capaian Pembelajaran:

  1. Menguasai metode analisa penggunaan kecerdasan buatan.
  2. Merumuskan pilihan teknik-teknik kecerdasan buatan yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan keteknikan sederhana.
  3. Mendesain dan mengimplementasikan secara metode kecerdasan buatan dan digunakan untuk penyelesaian masalah.
3
TIF595 Pengembangan Game Dasar

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan sebuah program sederhana yang melibatkan konstruksi pemrograman dasar: variabel, ekspresi, penugasan, I/O, konstruksi kontrol, fungsi, parameter passing, dan rekursi.
  2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menjelaskan, dan menulis program menggunakan tipe data primitif.
  3. Mahasiswa mampu memodifikasi dan memperluas program pendek yang menggunakan standar struktur dan fungsi kontrol kondisional dan iteratif.
  4. Mahasiswa mampu merancang, mengimplementasikan, menguji, dan men-debug program yang menggunakan konstruksi pemrograman dasar.
  5. Mahasiswa mampu memilih konstruksi kondisional dan iterasi yang sesuai untuk tugas pemrograman tertentu.
  6. Mahasiswa mampu menjelaskan, dan mengidentifikasi kasus dasar dan umum dari masalah yang didefinisikan menggunakan konsep rekursi.
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan, dan menulis program yang menggunakan struktur data berikut: tumpukan, antrean, antrean prioritas, set, dan peta.
  8. Mahasiswa mampu membandingkan implementasi alternatif dari struktur data dengan performa yang lebih baik.
  9. Mahasiswa mampu menjelaskan perbandingan biaya dan manfaat dari implementasi struktur data dinamis dan statis.
  10. Mahasiswa mampu memilih struktur data yang sesuai untuk memodelkan masalah yang diberikan.
3
TIF609 Cybersecurity

    Capaian Pembelajaran:

  1. Menjelaskan konsep dasar Keamanan siber beserta peraturan dan undang-undang yang terkait.
  2. Menganalisis prinsip kerahasiaan pada keamanan siber.
  3. Menganalisis prinsip integritas pada keamanan siber.
  4. Menganalisis prinsip ketersediaan pada Keamanan siber.
  5. Menerapkan dan menganalisis cybersecurity triad pada lingkungan khusus.
3
TTI374 Rekayasa Perangkat Lunak

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mampu menjelaskan tentang rekayasa perangkat lunak dan berbagai model proses pengembangan perangkat lunak.
  2. Mampu membandingkan beberapa model proses pengembangan perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan, ukuran, dan karakteristik non-fungsional.
  3. Mampu membedakan antara validasi dan verifikasi program, menjelaskan peran alat/tools dalam melakukan validasi perangkat lunak, dan terlibat dalam tim inspeksi kode (source code) ukuran sedang.
  4. Mampu menjelaskan beberapa tipe pengujian dan teknik uji signifikan(integrasi, regresi, dan pengujian sistem) pada perangkat lunak.
  5. Mampu merencanakan dan mendokumentasikan serangkain pengujian pada kode (source kode) ukuran sedang.
  6. Mampu menunjukkan cacat sebuah perangkat lunak dengan alat bantu (defect tracking tool).
  7. Mampu memperkirakan dampak permintaan perubahan produk.
  8. Mampu menggunakan pemfaktoran ulang (refactoring) dalam proses modifikasi komponen perangkat lunak secara benar.
  9. Mampu menjelaskan kontribusi kehandalan perangkat lunak terhadap kehandalan sistem, masalah dalam mencapai tingkat kehandalan yang tinggi, dan menyusun daftar pendekatan untuk meminimalkan kesalahan yang dapat diterapkan pada setiap tahap siklus hidup perangkat lunak.
3
TIF460 Praktek Kerja Lapangan (Magang)

    Capaian Pembelajaran:

    Mahasiswa mampu memahami dan menjalankan ajaran agamanya secara benar sesuai tuntunan agama sehingga menjadi manusia yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kehidupan

2
TIF594 Pemrograman Perangkat Bergerak Lanjut

    Capaian Pembelajaran:

    Mahasiswa mampu memahami dan menjalankan ajaran agamanya secara benar sesuai tuntunan agama sehingga menjadi manusia yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kehidupan

3
Total 22
Semester VII
Kode Mata Kuliah SKS
UKA501 Kuliah Kerja Nyata (KKN)

    Capaian Pembelajaran:

4
TIF400 Interaksi Manusia dan Komputer

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mampu mengerti dan memahami ruang lingkup, manfaat dan hubungan Mata Kuliah IMK dengan mata kuliah lainnya.
  2. Mampu menyebutkan dan menerangkan prinsip-prinsip usability.
  3. Mampu memahami dan menjelaskan teknik Analisa Tugas .
  4. Mampu memahami dan menjelaskan prinsip desain.
  5. Mampu memahami dan menjelaskan konsep rapid prototyping.
  6. Mampu memahami konsep desain dialog.
  7. Mampu menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis kesalahan serta evaluasi empiris.
  8. Mampu memahami dan menerangkan konsep dasar visualisasi informasi.
  9. Mampu memahami dan menjelaskan bagaimana mendesain software yang mendukung kelompok – Groupware.
3
Pilihan 3 3
Pilihan 4 3
Total 16
Semester II
Kode Mata Kuliah SKS
TIF315 Pemrograman Lanjut

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu menerapkan konsep pemrograman berbasis objek.
  2. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip pemrograman fungsional.
  3. Mahasiswa mampu menerapkan pemrograman dengan prinsip event driven dan reactive.
  4. Mahasiswa mampu menerapkan sistem tipe dasar dalam pemrograman.
3
TIF316 Algoritma dan Perancangan

    Capaian Pembelajaran:

  1. Mahasiswa mampu menerapkan algoritma dalam penyelesaian masalah.
  2. Mahasiswa mampu menguasai metode pengembangan algoritma dalam penyelesaian masalah.
3
MPK10x Pendidikan Agama

Capaian Pembelajaran:

  • Mahasiswa mampu memahami dan menjalankan ajaran agamanya secara benar sesuai tuntunan agama sehingga menjadi manusia yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kehidupan.
  • 2
    MPK106 Pendidikan Pancasila

      Capaian Pembelajaran:

    1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan sebuah program sederhana yang melibatkan konstruksi pemrograman dasar: variabel, ekspresi, penugasan, I/O, konstruksi kontrol, fungsi, parameter passing, dan rekursi.
    2. Mampu memahami arti penting sejarah untuk memperkuat jati diri bangsa dan identitas nasional Indonesia.
    3. Mampu menganalisis problem-problem faktual kebangsaan berdasarkan perspektif Pancasila.
    4. Mampu menganalisis konsep pengembangan sains dan teknologi berbasis nilai-nilai Pancasila.
    5. Mampu mempraktekkan kepekaan sosial, kepedulian lingkungan dan cinta tanah air.
    2
    TIF318 Aljabar dan Geometri

      Capaian Pembelajaran:

    1. Mampu mengidentifikasi vektor bebas linier dan bergantung linier serta kombinasi linier.
    2. Mampu mengidentifikasi jenis-jenis matrik, operasi Matriks, berbagai teknik Invers matriks.
    3. Mampu mengidentifikasi sistim persamaan linier, menyelesaikan persamaan linier.
    4. Mampu menghitung nilai eigen dan vektor eigen.
    5. Mampu menganalisis vektor garis, bidang dan bola.
    6. Mampu menguasai persamaan garis, bidang dan bola.
    2
    TTI223 Sistem Basis Data

      Capaian Pembelajaran:

    1. Mahasiswa mampu menguasai konsep manajemen informasi.
    2. Mahasiswa mampu menerapkan bahas query dalam sistem basis data.
    3. Mahasiswa mampu memodelkan data.
    4. Mahasiswa mampu menguasai Basis Data Relasional.
    3
    TIF319 Pemrograman Web Dasar

      Capaian Pembelajaran:

    1. Mahasiswa mampu mengenal dan mengingat dasar-dasar grammar/tata bahasa Bahasa Inggris.
    2. Mahasiswa mampu memahami bacaan Bahasa Inggris yang terkait dengan pengembangan kemampuan akademik.
    3. Mahasiswa memiliki ketrampilan menulis beberapa jenis paragraph dan mempresentasikan presentasi akademik.
    3
    TIF321 Teknik Penulisan Karya Ilmiah

      Capaian Pembelajaran:

    1. Mahasiswa mampu memahami dan menjalankan ajaran agamanya secara benar sesuai tuntunan agama sehingga menjadi manusia yang taat kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kehidupan

    2
    Total 20
    Semester IV
    Kode Mata Kuliah SKS
    TIF302 Jaringan Komputer

      Capaian Pembelajaran:

    1. Memahami definisi dan klasifikasi jaringan.
    2. Memiliki pengetahuan tentang aplikasi jaringan.
    3. Memiliki pengetahuan tentang Dasar TCP/IP.
    4. Menguasai tools jaringan dan troubleshot secara umum.
    3
    TIF581 Pemrograman Bergerak

      Capaian Pembelajaran:

    1. Mahasiswa mampu melakukan operasi yang berhubungan dengan himpunan, fungsi, dan relasi.
    2. Mahasiswa mampu menerapkan argumen penghitungan, termasuk aturan penjumlahan dan perkalian, prinsip inklusi-eksklusi, dan progresi aritmatika/geometris.
    3. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip pigeonhole dalam konteks pembuktian formal.
    4. Mahasiswa mampu menghitung permutasi dan kombinasi dari suatu himpunan, dan menafsirkan makna dalam konteks aplikasi tertentu.
    5. Mahasiswa mampu memecahkan berbagai hubungan perulangan dasar.
    6. Mahasiswa mampu melakukan komputasi yang melibatkan aritmatika modular.
    7. Mahasiswa mampu menggambarkan dengan contoh terminologi dasar teori graf, dan beberapa sifat dan kasus khusus dari setiap jenis graf/pohon.
    8. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan metode traversal yang berbeda untuk pohon dan grafik, termasuk traversal pohon sebelum, pasca, dan berurutan.
    9. Mahasiswa mampu munjukkan bagaimana konsep dari grafik dan pohon muncul dalam struktur data, algoritma, teknik pembuktian (induksi struktural), dan penghitungan.
    10. Mahasiswa mampu menjelaskan cara membuat pohon merentang dari suatu graf.
    3
    TIF370 Kepandaian Buatan

      Capaian Pembelajaran:

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang logika informatika dan berbagai argumen dan validitas.
    2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang logika informatika dan logika proposisional.
    3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang tabel kebenaran, implikasi dan aplikasi.
    4. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang porposisi majemuk.
    5. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang tautologi.
    6. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang ekuivalensi logis.
    7. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang validitas argumen dan penyederhanaan.
    8. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang aturan inferensi dan strategi pembalikan dan tablo semantik.
    9. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang logika predikat dan komponen-komponen sintaktik dan menjelaskan tentang kuantor-kuantor.
    3
    TIF582 Sistem Multimedia

      Capaian Pembelajaran:

    1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan sebuah program sederhana yang melibatkan konstruksi pemrograman dasar: variabel, ekspresi, penugasan, I/O, konstruksi kontrol, fungsi, parameter passing, dan rekursi.
    2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menjelaskan, dan menulis program menggunakan tipe data primitif.
    3. Mahasiswa mampu memodifikasi dan memperluas program pendek yang menggunakan standar struktur dan fungsi kontrol kondisional dan iteratif.
    4. Mahasiswa mampu merancang, mengimplementasikan, menguji, dan men-debug program yang menggunakan konstruksi pemrograman dasar.
    5. Mahasiswa mampu memilih konstruksi kondisional dan iterasi yang sesuai untuk tugas pemrograman tertentu.
    6. Mahasiswa mampu menjelaskan, dan mengidentifikasi kasus dasar dan umum dari masalah yang didefinisikan menggunakan konsep rekursi.
    7. Mahasiswa mampu menjelaskan, dan menulis program yang menggunakan struktur data berikut: tumpukan, antrean, antrean prioritas, set, dan peta.
    8. Mahasiswa mampu membandingkan implementasi alternatif dari struktur data dengan performa yang lebih baik.
    9. Mahasiswa mampu menjelaskan perbandingan biaya dan manfaat dari implementasi struktur data dinamis dan statis.
    10. Mahasiswa mampu memilih struktur data yang sesuai untuk memodelkan masalah yang diberikan.
    2
    TIF583 Desain dan Analisis Algoritma

      Capaian Pembelajaran:

    1. Mahasiswa mampu memahami tentang fisika dalam kecerdasan bisnis (business intelligence).
    2. Mahasiswa mampu memahami fisika dalam fenomena fisis penerapan game visual.
    3. Mahasiswa mampu memahami tahapan nanoteknologi dalam pengembangan produk startup.
    4. Mahasiswa mampu memahami fisika dalam interfacing dalam mikrokontroler.
    3
    TIF584 Perancangan Perangkat Lunak

      Capaian Pembelajaran:

    1. Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
    2. Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri
    3. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
    3
    TIF595 Pemodelan dan Desain Game

      Capaian Pembelajaran:

    1. Mahasiswa mampu mengenal dan mengingat dasar-dasar grammar/tata bahasa Bahasa Inggris.
    2. Mahasiswa mampu memahami bacaan Bahasa Inggris yang terkait dengan pengembangan kemampuan akademik.
    3. Mahasiswa memiliki ketrampilan menulis beberapa jenis paragraph dan mempresentasikan presentasi akademik.
    3
    TIF613 Otomata

      Capaian Pembelajaran:

    1. Mahasiswa akan memahami konsep dasar dari teori automata, termasuk konsep-konsep seperti otomata, bahasa formal, dan model komputasi.
    2. Memahami bagaimana otomata dapat digunakan untuk merancang dan menganalisis algoritma. Ini mencakup kemampuan untuk merancang mesin otomata yang dapat mengenali bahasa tertentu atau memecahkan masalah komputasi tertentu.
    3. Mampu menerapkan konsep-konsep automata dalam pengembangan perangkat lunak, terutama dalam konteks kompilasi, analisis sintaks, dan pemrosesan bahasa alami.
    4. Memahami hubungan antara bahasa otomata dengan teori komputasi secara umum, termasuk konsep-konsep seperti mesin Turing dan masalah keputusan yang dapat atau tidak dapat dipecahkan oleh mesin komputasi tertentu.
    3
    Total 23
    Semester VI
    Kode Mata Kuliah SKS
    TIF590 Metodologi Penelitian Informatika

    Capaian Pembelajaran:

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan jenis jenis system bilangan dan dapat melakukan konversi antar sistem bilangan.
    2. Mahasiswa mampu menerangkan operasi pada bilangan biner dapat melakukan operasi pada bilangan biner.
    3. Mahasiswa mampu menerangkan gerbang gerbang logika dasar, dapat merangkai gerbang logika dasar menjadi rangkaian digital.
    4. Mahasiswa mampu menjelaskan hukum pada aljabar boolean, memberikan contoh, menunjukkan dan mengkombinasikan gerbang logika.
    5. Mahasiswa mampu melakukan penyederhanaan persamaan dengan menggunakan metode SOP dan POS.
    6. Mahasiswa mampu menjelaskan rangkaian gerbang Flip Flop.
    7. Mahasiswa mampu melakukan proses Preset dan Clear pada R-S Flip-flop.
    8. Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana implementasi FF pada regsiter.
    9. Mahasiswa mampu menjelaskan operasi aritmatika dengan menggunakan HA dan FA.
    10. Mahasiswa mampu menjelaskan operasi pararel bit adder dan n-bit Carry Ripple Adder.
    11. Mahasiswa mampu menjelaskan operasi decoder dan encoder.
    12. Mahasiswa mampu menjelaskan operasi Multiplexer.
    13. Mahasiswa mampu melakukan operasi perkalian, pembagian, perbandingan dan deteksi error.
    14. Mahasiswa mampu menerangkan perangkat memori solid-state, menentukan peran input kontrol untuk perangkat memori solid-state dan konfigurasi memori dengan jumlah pin pada IC.
    2
    MPK117 Jatidiri Kanjuruhan

    Capaian Pembelajaran:

    1. Mahasiswa mampu melakukan operasi yang berhubungan dengan himpunan, fungsi, dan relasi.
    2. Mahasiswa mampu menerapkan argumen penghitungan, termasuk aturan penjumlahan dan perkalian, prinsip inklusi-eksklusi, dan progresi aritmatika/geometris.
    3. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip pigeonhole dalam konteks pembuktian formal.
    4. Mahasiswa mampu menghitung permutasi dan kombinasi dari suatu himpunan, dan menafsirkan makna dalam konteks aplikasi tertentu.
    5. Mahasiswa mampu memecahkan berbagai hubungan perulangan dasar.
    6. Mahasiswa mampu melakukan komputasi yang melibatkan aritmatika modular.
    7. Mahasiswa mampu menggambarkan dengan contoh terminologi dasar teori graf, dan beberapa sifat dan kasus khusus dari setiap jenis graf/pohon.
    8. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan metode traversal yang berbeda untuk pohon dan grafik, termasuk traversal pohon sebelum, pasca, dan berurutan.
    9. Mahasiswa mampu munjukkan bagaimana konsep dari grafik dan pohon muncul dalam struktur data, algoritma, teknik pembuktian (induksi struktural), dan penghitungan.
    10. Mahasiswa mampu menjelaskan cara membuat pohon merentang dari suatu graf.
    2
    TTI252 Data Mining

    Capaian Pembelajaran:

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang logika informatika dan berbagai argumen dan validitas.
    2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang logika informatika dan logika proposisional.
    3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang tabel kebenaran, implikasi dan aplikasi.
    4. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang porposisi majemuk.
    5. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang tautologi.
    6. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang ekuivalensi logis.
    7. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang validitas argumen dan penyederhanaan.
    8. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang aturan inferensi dan strategi pembalikan dan tablo semantik.
    9. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang logika predikat dan komponen-komponen sintaktik dan menjelaskan tentang kuantor-kuantor.
    3
    TIF322 Seminal Proposal

    Capaian Pembelajaran:

    1. Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan sebuah program sederhana yang melibatkan konstruksi pemrograman dasar: variabel, ekspresi, penugasan, I/O, konstruksi kontrol, fungsi, parameter passing, dan rekursi.
    2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, menjelaskan, dan menulis program menggunakan tipe data primitif.
    3. Mahasiswa mampu memodifikasi dan memperluas program pendek yang menggunakan standar struktur dan fungsi kontrol kondisional dan iteratif.
    4. Mahasiswa mampu merancang, mengimplementasikan, menguji, dan men-debug program yang menggunakan konstruksi pemrograman dasar.
    5. Mahasiswa mampu memilih konstruksi kondisional dan iterasi yang sesuai untuk tugas pemrograman tertentu.
    6. Mahasiswa mampu menjelaskan, dan mengidentifikasi kasus dasar dan umum dari masalah yang didefinisikan menggunakan konsep rekursi.
    7. Mahasiswa mampu menjelaskan, dan menulis program yang menggunakan struktur data berikut: tumpukan, antrean, antrean prioritas, set, dan peta.
    8. Mahasiswa mampu membandingkan implementasi alternatif dari struktur data dengan performa yang lebih baik.
    9. Mahasiswa mampu menjelaskan perbandingan biaya dan manfaat dari implementasi struktur data dinamis dan statis.
    10. Mahasiswa mampu memilih struktur data yang sesuai untuk memodelkan masalah yang diberikan.
    1
    TIF601 Pengolahan Citra Digital
      Capaian Pembelajaran
    3
    Pilihan 1 3
    Pilihan 2 3
    Total 17
    Semester VIII
    Kode Mata Kuliah SKS
    TIF591 Technopreneurship

      Capaian Pembelajaran:

    1. Mampu Ruang Lingkup Technopreneurship dan membangun motivasi dalam dunia technopreneur.
    2. Mampu memahami technopreneurship atau wirausaha dengan teknologi.
    3. Mampu memahami dan berpikir perubahan, berpikir kreatif & inovatif.
    4. Mampu memahami dan berorienrasi pada tindakan.
    5. Mampu memahami konsep technopreneurship dan pengambilan resiko.
    6. Mampu memahami dan menjelaskan leadership dan kepemimpinan.
    7. Mampu memahami dan etika dalam berbisnis dan faktor x atau tidak terduga.
    8. Mampu memahami dan menjelaskan gagasan usaha, marketing dan digital marketting.
    9. Mampu memahami dan menjelaskan manajemen keuangan dan pembiayaan usaha serta memulai usaha baru.
    2
    TIF593 Socio-Informatika

      Capaian Pembelajaran:

    1. Mampu memiliki kepekaan terhadap tren perkembangan bisnis ICT, profesi ICT, serta peluang bisnis informatika.
    2. Mampu memiliki sikap profesional dalam bekerja.
    3. Mampu memahami makna sikap profesional dalam profesi bidang informatika.
    4. Mampu memiliki semangat inovasi, kemampuan manajemen diri, dan pengembangan diri dalam masyarakat.
    5. Mampu memiliki kemampuan menyampaikan gagasan dan transfer keilmuan informatika praktis secara lisan maupun tertulis.
    6. Mampu memiliki kepekaan dan tanggung jawab sosial dalam memecahkan permasalahan di masyarakat yang terkait bidang informatika.
    7. Mampu memiliki motivasi kemandirian dalam berwirausaha.
    8. Mampu untuk memecahkan masalah (problem solving) baik secara individu maupun berkelompok.
    9. Mampu berkomunikasi dan menyampaikan pendapat dalam kerja kelompok.
    2
    TIF380 Skripsi

      Capaian Pembelajaran:

    1. Mahasiswa mampu memahami tentang fisika dalam kecerdasan bisnis (business intelligence).
    2. Mahasiswa mampu memahami fisika dalam fenomena fisis penerapan game visual.
    3. Mahasiswa mampu memahami tahapan nanoteknologi dalam pengembangan produk startup.
    4. Mahasiswa mampu memahami fisika dalam interfacing dalam mikrokontroler.
    6
    Pilihan 5 3
    Pilihan 6 3
    Total 16
    Scroll to Top