Informatika – Himpunan Mahasiswa Teknik Informasi (HMPS TI) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) baru saja sukses menyelenggarakan Lomba Robotic Analog dan Micro yang menjadi bagian dari rangkaian acara tahunan TECHNOWARS ke-11 pada Sabtu (2/12/2023) dan Minggu (3/12/2023). Lomba Robotik ini telah menjadi puncak acara TECHNOWARS yang dinantikan oleh banyak pihak.

TECHNOWARS sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Teknik Informatika Unikama dan sudah menjadi tradisi. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan pengetahuan para mahasiswa, khususnya dalam bidang teknologi. Diharapkan dengan adanya acara seperti ini, para peserta menjadi lebih termotivasi untuk mengembangkan kemampuan mereka dan dapat menjadi sumber daya yang berkompeten di masa depan.

Dalam sambutan Kepala Program Studi Teknik Informatika Unikama, Moh. Ahsan S.kom MT., menekankan pentingnya menjunjung tinggi sportivitas dalam kompetisi ini. Peserta dapat berkompetisi dengan fair play dan menghormati keputusan juri, serta menjunjung tinggi etika dan moral dalam berkompetisi yang menjadi harapan dalam acara ini.

Selain itu, Niko Alfin Setyawan, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam Technowars 11, khususnya pada lomba LF Microcontroller dan LF Analog. Ia juga mengajak seluruh peserta untuk tetap mengedepankan sportivitas dalam berkompetisi, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan positif.

Kompetisi Lomba Robotic ini menghadirkan 30 tim dengan 4 orang per tim dari kategori LF Micro serta 17 tim dari kategori LF Analog dalam babak penyisihan grup. Setelah melalui pertandingan sengit pada babak 32 besar dan 18 besar, hanya 8 tim terbaik dari LF Micro dan 9 tim dari LF Analog yang berhasil melaju ke babak selanjutnya. Babak putaran final berlangsung mulai dari babak 8 besar hingga grand final pada tanggal 3 Desember 2023.

Untuk kategori LF Analog, AIROBO2 berhasil meraih peringkat pertama dalam kompetisi ini, diikuti oleh MADSAKOPAS YO A pada peringkat kedua, dan MADU ANALOG 3 pada peringkat ketiga. Sedangkan, dalam kategori LF Micro, MADU MIKRO berhasil menjadi juara pertama, diikuti oleh MRT_WARRX2D pada peringkat kedua, dan WP_PINKYMAN pada peringkat ketiga.

“Diharapkan acara ini dapat memotivasi peserta untuk terus meningkatkan kemampuan dan kreativitas dalam bidang teknologi informasi. Selamat kepada para pemenang dan seluruh peserta yang telah berpartisipasi dengan sportivitas dan semangat yang tinggi.

Melalui acara ini, diharapkan para peserta dapat membangun jaringan serta memperoleh pengalaman berharga dalam bidang Robotik. Lomba Robotic yang diselenggarakan oleh Technowars 11 juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan minat terhadap Robotik tidak hanya di kalangan mahasiswa tetapi juga masyarakat umum.

HMPSTI UNIKAMA Sukses selenggarakan Lomba Robotics pada Technowar 11
Ditag pada: