Informatika – Tim Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (TI) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) meraih posisi keempat dalam kompetisi bergengsi, Olimpiade Robotik “International Modern Robotic Olympiad” (IMRO) yang diadakan oleh STKIP Modern Ngawi pada 14-16 Oktober 2023. Prestasi gemilang ini berhasil dicapai oleh tim mahasiswa Unikama yang telah bersaing dengan peserta dari berbagai negara dalam ajang kompetisi robotik tingkat internasional. Dalam wawancara eksklusif, salah satu anggota tim Unikama mengungkapkan perasaan kegembiraan mereka. “Puji syukur kami bisa memenangkan lomba ini dengan tingkat internasional, menduduki juara empat pun kami sudah sangat bersyukur dan bangga karena bisa membawa nama kampus di Ngawi dengan posisi kedudukan tersebut.” terang Kukuh Dwi Wicaksono.

Salah satu faktor kunci kesuksesan tim Unikama dalam mencapai posisi keempat adalah kerja sama dan kekompakkan di antara anggota tim. Mereka menyadari pentingnya saling mendukung satu sama lain. Menurut Muhammad, kunci kesuksesannya cukup kerja sama dan kekompakkan pada tim. Saling support satu sama lain maka tujuannya akan dengan mudah dicapai, contohnya dengan pembagian tugas anggota di tim, karena setiap anggota timnya juga memiliki skill dan bagian yang berbeda-beda. .

Sebelum berpartisipasi dalam IMRO, tim Unikama telah melakukan persiapan yang matang. Mereka menciptakan inovasi baru yang jarang ada sebelumnya dalam bidang robotik dan merancang strategi yang efektif untuk menghadapi persaingan di IMRO 2023. Momen paling berkesan selama Olimpiade Robotik tersebut adalah ketika tim Unikama berhasil menjawab semua pertanyaan dari juri dengan tenang. Mereka juga mendapat apresiasi dari salah satu juri, yang menunjukkan tingkat keahlian dan persiapan yang mereka lakukan.
Niko Achmad menambahkan bahwa dirinya dan tim akan terus belajar dan mengembangkan keahlian robotiknya. Niko merasa bahwa keahlian robotik memiliki cangkupan yang sangat luas dan seru untuk dipelajari, sehingga mereka ingin terus mengembangkan keahlian tersebut.

“Kami berharap bisa memenangkan lomba berikutnya dan menyabet juara 1.” imbuhnya.

Prestasi gemilang tim mahasiswa Unikama ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya yang tertarik untuk mengembangkan keahlian di bidang robotik. Kepala Program Studi Teknik Informatika, “ungkap” Moh. Ahsan S.Kom., M.T., bangga atas prestasi gemilang yang diraih oleh tim mahasiswa Unikama dalam Olimpiade Robotik “International Modern Robotic Olympiad” di STKIP Modern Ngawi.

“Prestasi ini harus menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus mengejar impian dan meningkatkan kemampuan mereka. Kami berharap bahwa pencapaian ini akan memotivasi mahasiswa Unikama untuk terus berusaha dan meraih prestasi tinggi dalam berbagai bidang.” terang beliau.

Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Unikama Sabet Juara pada International Modern Robotic Olympiad (IMRO)
Ditag pada: