Informatika – Prodi Teknik Informatika (TI) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) membuka jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Tipe A pada tiap Semester (genap/ganjil). RPL Tipe A, sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 26 Tahun 2016, adalah pengakuan terhadap Capaian Pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal, serta pengalaman kerja, untuk melanjutkan pendidikan formal.

Inisiatif ini bertujuan memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang telah memiliki Capaian Pembelajaran atau kompetensi sebelumnya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Calon mahasiswa tidak diharuskan untuk mengambil seluruh mata kuliah pada program studi yang diminati.
RPL Tipe A dimaksudkan untuk memberikan peluang kepada individu yang telah menguasai pengetahuan dan keterampilan tertentu dalam suatu bidang untuk melanjutkan pendidikan formal dengan kualifikasi tertentu berdasarkan pendidikan formal, nonformal, atau pengalaman kerja yang dimiliki.

RPL merupakan program pemerintah dalam memperluas dan memperdalam akses pendidikan bagi masyarakat yang sudah menempuh studi, seperti Diploma ataupun Sarjana dan sudah bekerja.
Inisiatif dari Unikama untuk memperluas dan memperdalam akses pendidikan bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang telah memasuki dunia kerja, sangatlah positif. Dengan begitu, Unikama akan lebih banyak mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas dan lulusan yang profesional dalam dunia kerja. 

Hal ini tentunya juga akan berimbas dan mendorong pengembangan  atau peningkatan karir dari para individu, karena adanya peningkatan kemampuan ataupun kompetensi yang mereka miliki.

Sementara itu, bagi masyarakat ataupun profesional dalam dunia kerja, yang ingin melanjutkan studi lewat Program RPL, bisa langsung mendaftar dengan mengakses pmbunikama.ac.id atau langsung datang ke Bagian Penerimaan Mahasiswa Baru Unikama di Jl. S. Supriadi No.48, Bandungrejosari, Kec. Sukun, Kota Malang.

Tukarkan Pengalaman Kerja/Serifikat Mu ke RPL diProgram Studi Teknik Informatika UNIKAMA
Ditag pada: